Cara Tepat Menyimpan Roti



Menyajikan roti dengan keharuman khas dan selalu segar merupakan keinginan setiap ibu untuk keluarga tercinta. Namun sering kali kita lupa bahwa ada hal-hal penting yang harus dijaga agar cita rasa roti favorit tetap seperti pertama kali dibuka. Gimana, sih cara menyimpan roti yang tepat? Simak tips berikut ini yuk.

Simpan roti dalam keadaaan tertutup baik dengan wadah kedap udara ataupun plastik makanan yang rapat. Cara ini bertujuan mengurangi penguapan air dalam roti sehingga kandungan air yang ada dalam serat roti akan terjaga dengan baik. Bungkus roti yang telah dipotong dengan kertas roti ataupun tisu dapur lalu masukkan kedalam plastik makanan lalu simpan dalam lemari pendingin, namun jangan disimpan di bagian freezer. Simpanlah di lemari pendingin bagian bawah. Penyimpanan roti dalam lemari pendingin dapat mempertahankan kualitas roti setelah dibuka sehingga jamur tidak akan tumbuh.

Bila roti yang telah disimpan di lemari pendinging ingin disajikan kembali. Ada beberapa cara untuk mengembalikan tekstur roti. Pertama, keluarkan roti dari lemari pendingin dan letakkan pada tempat bersuhu ruang selama setengah hingga 1 jam sebelum dikonsumsi. Kedua, panaskan roti dengan cara memanggangnya tanpa margarin atau dengan sedikit tambahan margarin. Cara yang terakhir yakni dengan memanaskannya sebentar di microwave atau oven.